Workshop Kebijakan dan Mekanisme Kerja ULM Tracer Study 2021

Tracer Study memiliki peranan yang penting dalam upaya pengembangan dan perbaikan perguruan tinggi, lulusan, dan mahasiswa. Selain itu, tarcer study ini menjadi data dasar dalam melacak gap (kesenjangan) antara perguruan tinggi dan dunia kerja. Menyadari pentingnya Tracer Study, ULM berkomitmen untuk melaksanakan tracer study setiap tahun. Mutu tracer study yang dilakukan harus semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam ULM Tracer Study 2021, ULM berkomitmen untuk melaksanakannya sebaik mungkin dengan melakukan perbaikan-perbaikan. Untuk itu, CDC ULM mengadakan workshop Kebijakan dan Mekanisme Kerja ini.

Workshop ini dilaksanakan pada Kamis, 27 Mei 2021 di Ruang Rapat Lantai 3 Rektorat ULM (luring) dan melalui Zoom (daring). Peserta yang berhadir adalah para undangan yakni Dekan seluruh fakultas di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat atau yang mewakili, Koordinator Program studi S0/S1 yang terdiri dari 68 program studi di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Pengembangan Mahasiswa dan Alumni, Sub Koordinator Alumni, Kepala LPM ULM dan seluruh surveyor perwakilan dari fakultas di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat.

Peserta yang berhadir adalah para undangan yakni Dekan seluruh fakultas dilingkungan Universitas Lambung Mangkurat atau yang mewakili, Koordinator Program studi S0/S1 yang terdiri dari 68 program studi di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Ka. Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Koordinator Pengenbangan Mahasiswa dan Alumni, Sub Koordinator Alumni, Kepala LPM ULM dan seluruh surveyor perwakilan dari fakultas di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat. Noviana Sari, SIP, MA bertindak sebagai moderator.

Laporan panitia disampaikan Ketua CDC yaitu Dr. Ir. Sadik Ikhsan, DAD, M.Sc., IPM. dan menyampaikan hasil kegiatan Tracer Study 2020 dan kegiatan yang akan dilaksanakan terkait Tracer Study tahun 2021.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP dan menyampaikan harapan agar tracer study tahun 2021 dapat berjalan dengan baik lagi dibandingkan tahun 2020 yang telah lalu.

Acara selanjutnya dilanjukan dengan pemaparan materi oleh Ketua CDC Dr. Ir. Sadik Ikhsan, DAD, M.Sc., IPM. (materi terlampir).

Kemudian acara selanjutnya dilakukan diskusi dengan memberikan kesempatan kepada peserta Workshop untuk dapat memberikan pertanyaan, tanggapan dan usulan tentang ULM Tracer Study 2021. Tanggapan diberikan terdiri dari beberapa peserta, baik secara luring dan daring. Kemudian pertanyaan yang disampaikan peserta langsung dijawab dan didiskusikan bersama.