Waspada Lowongan dan Panggilan Kerja Palsu, Ini Ciri-Cirinya!

Kamu tak pernah apply tapi dapat panggilan kerja? Jangan baper dulu! Bisa jadi, panggilan tersebut palsu!

Waspada Lowongan dan Panggilan Kerja Palsu, Ini Ciri-Cirinya!
Jangan buru-buru percaya kalau dapat panggilan kerja dari perusahaan tertentu. Pun jika ada lowongan kerja perusahaan tertentu, pastikan dahulu keaslian lowongan kerja tersebut. Simak tips ini dulu, ya! 

1. Menggunakan nomor telepon provider yang umum digunakan

Biasanya, nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi atau SMS kandidat adalah nomor telepon dari provider yang umum digunakan, seperti Telkomsel, Indosat, dan lain sebagainya. Bukan menggunakan nomor official kantor seperti yang juga tercantum dalam website resmi perusahaan.

2. Hosting gratisan

Biasanya sebuah iklan lowongan kerja mencantumkan alamat e-mail yang dapat kamu gunakan untuk memasukkan lamaran. Tim rekrutmen perusahaan bonafide pasti memiliki hosting e-mailsendiri yang tidak gratisan seperti Yahoo!, Gmail, live, atau sejenisnya.

3. Header dan isi tidak sesuai

Bila dilihat secara cermat, kesesuaian antara header, isi, dan tanda tangan pada iklan lowongan dan panggilan kerja palsu tidak sesuai yang sebenarnya. Justru kamu akan menemukan hal-hal menggelikan. Misalnya, logo perusahaan yang masih dapat disunting, format penulisan yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia, serta mencantumkan nama tim rekrutmen fiktif.

4. Meminta sejumlah uang dan menunjuk agen travel tertentu

Untuk melakukan pengecekan, kamu dapat menghubungi nomor yang tertera di iklan. Saat dihubungi dan ternyata meminta sejumlah uang untuk biaya akomodasi, dapat dipastikan iklan yang kamu baca palsu. Terlebih, sampai meminta kamu untuk menghubungi agen travel tertentu. Duh!

5. Alamat fiktif

Kebanyakan iklan lowongan kerja palsu mencantumkan alamat fiktif. Untuk memastikannya, kamu dapat melakukan pengecekan secara langsung ke website ataupun telepon resmi perusahaan.

6. Mengirimkan e-mail dengan penggantian subjek nama

Yang perlu kamu tahu, nama yang tertera pada nama pengirim e-mail itu dapat disunting sesuai dengan nama yang kamu mau. Artinya, jika kamu tiba-tiba mendapatkan e-mail dengan nama tertera perusahaan tertentu, jangan keburu percaya.

Cobalah kamu klik reply e-mail tersebut dan lihat kembali alamat tersebut. Jika e-mail itu palsu, nantinya akan tertera alamat hostingan gratis yang telah disunting sebelumnya. 

7. Iklan melalui SMS

Apabila menerima iklan lowongan melalui SMS, kamu tak perlu memercayai iklan lowongan tersebut. Perusahaan resmi tidak akan menyebarkan iklan lowongan secara langsung kepada masing-masing kandidat.

8. Posting iklan bukan di website resmi perusahaan

Di internet banyak sekali beredar iklan lowongan kerja di blog, forum komunitas, bahkan websiteniaga. Pastikan kamu membaca lowongan dari website resmi perusahaan atau website lowongan kerja terpercaya, seperti website pusat karir universitas.

9. Jarak lokasi tes

Lumrahnya lokasi tes perusahaan yang kamu lamar tidaklah jauh dari domisilimu. Perusahaan yang letaknya jauh, bisa menunjuk kantor perwakilannya untuk melanjutkan proses seleksi. Kalaupun kamu harus tes di luar kota tempat perusahaan tersebut berada, biasanya mereka akan memberikan tiket transportasi dan diberikan di muka bukan dengan sistem reimburse.

Nah, sudahkah kamu mencermatinya? Hati-hati karena tidak semua orang itu bisa memegang kepercayaan yang kamu beri. Kamu bisa baca artikel pilah-pilih portal karir terpercaya ini dan artikel yakin panggilan kerja yang kamu terima itu asli agar kamu bisa lebih waspada menghadapi panggilan kerja. Tetap semangat

Bagikan ke temanmu :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*