Berita Acara : Seminar Entrepreneurship

Berita acara seminar Entrepreneurship “Sharing Session Direct Program”

Hari Jum’at tanggal 26 April 2019 CDC kembali menyelenggarakan seminar entrepreneurship dengan tema “Sharing Session Direct Program”. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 09.00-11.45 di Gedung Aula 4 pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, yang dihadiri oleh 120 peserta. Pada acara hari ini diberikan sambutan oleh Wakil Dekan III FISIP ULM Bapak M. Nur Iman Ridwan, S.Sos, MSi, Project Leader Zilingo Mall Asia Bapak Eka Slamet Nugroho, serta acara sambutan dibuka oleh Kepala Biro Akademik dan kemahasiswaan Universitas Lambung Mangkurat Bapa Drs. Asrani, M.Pd.

            Acara seminar dipandu oleh Bapak Pathurrahman, S.Sos, MA sebagai moderator. Materi pertama diberikan oleh bapa Andi Riza, S.Kom dari kalsel kratif forum sebagai pemateri bisnis milenial, yang mana beliau katakan sebagai anak muda kita harus kreatif dan inovatif. Inti untuk membangun usaha ialah tetap fokus untuk berinovasi, dan menyesuaikan dengan pasion atau kemampuan yang dimiliki serta jangan pernah takut untuk memulai.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Eka Slamet Nugroho sekaligus project leader Zilingo, beliau menjelaskan hal-hal yang harus disiapkan untuk memulai usaha seperti modal, barang yang akan dijual, resiko, dan penentuan harga barang. Bapa eka juga menjelaskan bagaimana Zilingo menyiapkan berbagai macam kebutuhan di e-comerce mereka, sehingga beliau mengajak kaum milenial untuk bergabung dengan Zilingo untuk memulai usahanya.

Materi terakhir disampaikan oleh Ms. Lydia Mapaliey selaku senior bussines development manager Line Indonesia, Ms. Lydia menjelaskan tentang Line Indonesia yang bisa membantu para pengusaha untuk memudahkan mereka merespon para pembeli dengan cepat melalui line account official. Selain sebagai fungsi penghubung dengan customer, Line Acount Official juga dapat sebagai media promosi melalaui broadcast message. Line Account Oficial juga bisa membantu memantau penjualan, dan pendapatan. Sehingga, para kaum milenial yang sudah menghadapi era reformasi industry 4.0 siap menjalankan usahanya hanya melalui internet, media sosial dan perangkat smartphone.

Seminar ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang akan menghadapi era teknologi, dimana saat ini e-comerce dan online shop yang sedang trend dikalangan anak muda. Seminar inipun memberikan mindset kepada mahasiswa bagaimana menjadi pengusaha muda yang kreatif dan inovatif serta dapat menggunakan kemajuan alat komunikasi, dan media sosial sebagai ladang usaha. Jadi, mahasiswa tidak perlu takut lagi saat lulus sulit untuk mencari kerja, tapi mereka dapat membuka lapangan kerja sendiri. Seminar diikuti dengan sangat antusias, beberapa mahasiswa bertanya mengenai pengembangan usaha serta apa yang harus disiapkan dalam usaha. Seminar juga disertai dengan kuis dari official Line Indonesia, untuk mengasah ketangkasan serta pengetahuan mahasiswa mengenai aplikasi Line tersebut.

QR Code

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*