GRAND LAUNCHING Bauntung Evo 0.4 dan pelepasan Tim Wasaka ULM untuk berlomba pd Shell Eco Marathon Asia 2018 di Changi Exibition Center Singapore 8-11 Maret 2018.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menargetkan mobil hemat energi buatan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik bernama “Bauntung Evo 04” masuk 10 besar pada ajang kompetisi “Shell Eco Marathon Asia 2018” di Changi Exibition Center Singapore yang digelar 8-11 Maret 2018.
“Kita doakan bersama Bauntung Evo 04 bisa mendapat prestasi maksimal sesuai targetnya 10 besar,” kata Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi, Senin.
Hal itu dikatakannya saat grand launching Bauntung Evo 04 sekaligus pelepasan Wasaka Team Universitas Lambung Mangkurat ke Singapura.
Sutarto yang mendukung penuh keikutsertaan Wasaka Team mengikuti event internasional berharap para mahasiswa bisa terus mengembangkan ciptaannya, sehingga lahir mobil masa depan yang hemat energi dan ramah lingkungan dari Kalimantan Selatan.
“Mudah-mudahan tahun ini bisa kita launching juga kendaraan kelas city car yang semakin meneguhkan ULM sebagai universitas unggul yang bisa bersaing di kancah nasional dan bahkan dunia,” ujar Rektor.
Sementara Dekan Fakultas Teknik ULM yang sekaligus Manajer Wasaka Team Yulian Firmana Arifin menyatakan optimis bertarung di kompetisi tahun ini.
“Harapan tim sangat besar untuk menang pada kompetisi kali ini karena tahun 2017 kami posisi 19 besar,” ungkapnya.
Dengan segala penyempurnaan baik dari segi mesin, body dan juga beberapa komponen lainnya, Yulian memastikan Bauntung Evo 04 jauh lebih baik dari produk sebelumnya, yakni “Bekantan Hamuk”.
“Jadi mobil ini pengembangan dari Bekantan Hamuk, yang sudah dibuat sangat ringan sehingga bisa mencapai kecepatan hingga 500 Km perliter bahan bakar,” jelasnya.
Wasaka Team yang diketuai Aries Aditya Kurniawan terdiri dari sembilan mahasiswa yang rata-rata duduk di semester delapan. Tim ULM satu dari 26 tim di Indonesia yang mengikuti ajang tahun ini di Singapura di kelas prototype dengan bahan bakar minyak jenis gasolin atau bensin.
Tercatat sudah ada 144 tim dari 19 negara kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah yang memastikan mengikuti ajang bergengsi tahunan tersebut.
QR Code
Bagikan ke temanmu :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*