Berita Acara : Seminar Karir CDC ULM 02 Agustus 2018

Berita Acara Seminar Karir Challenge Of Your Future” 02 Agustus 2018

Hari Kamis 02 Agustus 2018 di Banjarmasin telah dilaksanakan kegiatan Seminar Karir dengan tema “challenge Of Your Future”. Kegiatan berlangsung pada pukul 09.00 – 15.00 WITA berlokasi di aula lantai 4 Pascarsarjana ULM, dengan sambutan diawali oleh ketua Career Development Center ULM Dr. Badaruddin, S.Hut, MP dan Wakil Rektor III ULM Dr. Ir. H. Abrani Sulaiman, M.Sc.

Narasumber pertama dari PT Adaro Logistics oleh Bapak Nasrul Rahman, ACC selaku HRGA Department Head menyampaikan materi berisi tentang berbagai teknik penulisan lamaran dan komunikasi yang efektif dalam berwawancara kemudian narasumber kedua oleh Ibu Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd selaku Dosen Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling dengan materi  teknik persiapan menghadapi psikotes dan dipandu oleh  Moderator Pathurrahman Dosen FISIP ULM.

Dalam isi sambutannya, sekaligus membuka secara resmi kegiatan Wakil Rektor III menyampaikan bahwa dalam era digital telah terjadi revolusi industri yang mana industri online dapat memberikan kesempatan bagi orang yang kreatif dan berkemauan kuat terlepas dari umur mereka seperti CEO Go-Jek Nadiem Makarim yang sukses diusia 33 tahun, yang bermakna dengan kemauan kuat, kreatif dan inovatif maka kesuksesan bisa dicapai diumur berapapun.

Seminar ini sangat tepat dilaksanakan pada mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir yang mana memerlukan bekal dalam pembuatan Curriculum Vitae, komunikasi efektif dalam wawancara dan teknik persiapan menghadapi tes psikotes untuk memasuki dunia kerja. Tentu dengan perubahan era digital sekarang dalam pelamaran kerja juga turut mengikuti jaman yang dulu lamaran ditulis dengan tangan sekarang sudah banyak perusahaan meminta dalam bentuk softfile dan e-mail. Kegiatan ini perlu berlanjut tiap tahunnya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat.

 

Para peserta dengan antusiasnya menanyakan beberapa hal dalam ruang lingkup seputar persiapan menempuh dunia kerja. Teknik – teknik awal sebagai persiapan dalam melamar pekerjaan, membuat CV dengan berbagai analogi yang akan mudah diterima perusahaan – perusahaan. Dalam seminar ini juga dikemukakan bahwa wawancara adalah seni bercerita tentang diri yang akan disimpulkan oleh tanya jawab, begitupun persiapan psikotes yang menggunakan nalar dengan terampil akan mendukung hasil jawaban yang memuaskan.

QR Code
Bagikan ke temanmu :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*